tegel antik vintage

Trend Interior Dengan Tegel Semen Motif Kunci Yang Semakin Instagramable

By

Trend Interior Dengan Tegel Semen Motif Kunci Yang Semakin Instagramable

Saat ini interior dengan tegel semen kembali menjadi trend. Di rumah-rumah zaman dulu banyak dijumpai material klasik ini. Ya.. Walaupun terkesan kuno, akan tetapi bahan pelapis lantai yang terbuat dari campuran pasir dan semen ini banyak dilirik untuk mendekorasi ruangan. Kemungkinan besar tegel di Indonesia ini sudah ada sejak zaman kolonial Belanda, terbukti dari Keraton Yogyakarta dan Solo yang banyak menggunakan tegel. Menariknya lagi, tegel yang kembali booming ini bisa digunakan untuk berbagai bangunan dan berbagai keperluan. Saat ini pun masyarakat sudah banyak yang tahu mengenai tegel ini, hanya saja mereka belum terlalu paham mengenai teknik, karakter, pemasangan, dan pemeliharaannya.

Tegel Kembali Naik Daun

Saat ini, tak hanya bangunan bergaya vintage saja yang bisa menggunakan tegel, namun semua tipe rumah bisa menggunakannya. Seperti desain grafis, bidang musik, desain produk yang ikut menggunakan aliran gaya vintage, retro, dan lawasan. Maka, tegel pun juga bisa digunakan diberbagai jenis rumah. Bahkan rumah yang memiliki gaya Industrial maupun Skandinavia cocok juga dihiasi dengan tegel. Penerapan tegel ini tentunya lebih kepada kreativitas dalam memadupadankan corak tegel dalam desain ruangan.

tegel antik vintage
tegel antik vintage

Kelebihan Tegel Semen

Kelebihan lain dari tegel semen adalah mudah dipasang dibandingkan dengan keramik. Dan dibandingkan dengan marmer dan keramik, tegel itu lebih menonjolkan karakter tradisional handmade. Selain itu, perawatan tegel juga cukup mudah, mirip dengan perawatan tegel keramik. Yaitu dengan menggunakan sapu dan kain pel lembab kemudian gosokkan pada tegel. Walaupun tegel itu memiliki banyak motif, akan tetapi corak pada tegel selalu presisi, bahkan mirip seperti motif pada batik tulis. Namun, itulah yang membuat tegel memiliki daya tarik tersendiri.

Masih Mempertahankan Motif Klasik

Tegel motif klasik dan tradisional masih memiliki banyak peminat. Itulah yang juga membuat tegel kembali naik daun. Dan kini tegel sudah memiliki motif dan warna yang beragam. Ya memang tegel itu dominan dengan warna natural dan didominasi warna-warna tanah. Tapi tegel kunci juga kaya akan motif yang bisa dipadukan membentuk pola-pola baru. Bahkan motif yang terkesan lawas pun juga berganti dengan motif kontemporer seperti rustic, heksagonal, hingga art deco.

Tegel Motif Kunci

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like

HUBUNGI KAMI
VIA WHATSAPP
HUBUNGI KAMI
VIA TELEPON